Wednesday, 24 December 2014

EVALUASI PEMBELAJARAN : PENILAIAN FORTOFOLIO




KATA PENGANTAR
  Puji Syukur kehadirat Allah SWT  Karena dengan rahmat dan hidayahNya penulis dapat menyelesaikan penulisan makalah tentang FORTOFOLIO
     Dalam makalah  ini berisi tentang Pengertian fortofolio,karakteristik penilaian fortofolio, kelemahan dan kelebihan fortofolio, kisi-kisi dan contoh fortofolio. Semoga makalah ini berguna bagi teman-teman khususnya mahasiswa STAI AULIAURASYIDIN Tembilahan Hulu.
     Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini tidak luput dalam kekurangan. Baik dari segi penulisan maupun dari segi pembahasan materi. Oleh sebab itu, Penulis sangat mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun dari pembaca guna kesempurnaan makalah ini.


TEMBILAHAN, 28 Oktober  2014


              PENULIS



DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR................................... i
DAFTAR ISI...................................... ii
BAB I PENDAHULUAN................................ 1
A. Latar Belakang ........................... .. 1    
B. Rumusan massalah.......................... .. 1
C. Tujuan ................................... .. 2
BAB II PEMBAHASAN............................. .. 3    
A. Pengertian Fortofolio..................... .. 3         
B. Karakteristik Penilaian Fortofolio........ .. 4    
C. Kelemahan dan Kelebihan Penilaian berbasis Fortofolio        5.............................................
D. Contoh penilaian Fortofolio .............. .. 8
BAB III PENUTUP............................... . 12
A. Kesimpulan................................ . 12
DAFTAR ISI.................................... . 13







BAB I
PENDAHULUAN
A.  LATAR BELAKANG
Penilaian portofolio merupakan pendekatan baru yang akhir-akhir ini sering diperkenalkan para ahli pendidikan untuk dilaksanakan di sekolah. Di beberapa negara maju, portofolio telah digunakan dalam dunia pendidikan secara luas, baik untuk penilaian di kelas, daerah, maupun untuk penilaian secara nasional.
peserta didik yang menunjukkan usaha, perkembangan, prestasi  belajar  peserta  didik  dari  waktu  ke  waktu  dan  dari  satu  mata pelajaran  ke  pelajaran  yang  lain. 
Portofolio berfungsi untuk mengetahui perkembangan pengetahuan peserta didik  dan kemampuan dalam mata pelajaran tertentu, serta pertumbuhan  kemampuan peserta didik.

B.  RUMUSAN MASALAH
Rumusan masalah pada makalah ini adalah sebagai berikut:
1. Apa Pengertian Fortofolio?
2. Bagaimana Karakteristik Penilaian Fortofolio?
3. Apa Kelemahan dan Kelebihan Penilaian berbasis Fortofolio?
4. Bagaimana contoh fortofolio?

C.  TUJUAN
1.  Mengetahui Pengertian Fortofolio
2.  mengetahui Karakteristik Penilaian Fortofolio
3.  Mengetahui Kelemahan dan Kelebihan Penilaian berbasis Fortofolio
4.  Mengetahui contoh fortofolio


 

BAB II
PEMBAHASAN
A.  PENGERTIAN FORTOFOLIO
Fortofolio berasal dari bahasa Inggris “fortofolio” yang artinya dokumen atau surat-surat. Dapat juga diartikan sebagai kumpulan kertas-kertas berharga dari suatu pekeerjaan tertentu.
Selain itu pengertian fortofolio berarti koleksi dokumen atau tugas-tugas yang diorganisasikan dan dipilih untuk mencapai tujuan dan sebagai bukti yang nyata dari seseorang yang memiliki pertumbuhan dalam bidang pengetahuan, disposisi dan keterampilan (Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Kewarganegaraan (Citizenship) SMU, 2001).
Sedangkan Rustaman, Nuryani, (2003 : 3) mengartikan fortofolio sebagai “kumpulan upaya, kemajuan atau pretasi peserta didik yang terencana (bertujuan) pada area tertentu. Fortofolio juga dapat diartikan sebagai suatu koleksi yang dikhususkan dari pekerjaan peserta didik yang mengalami perkembangan yang memungkinkan peserta didik dan pendidik menentukan kemajauan yang sudah dicapai oleh peserta didik.
Menurut Mulyasa Fortofolio yakni kumpulan tugas-tugas yang dikerjakan peserta didik dengan demikian dapat dikemukakan bahwa penilaian fortofolio adalah penilaian terhadap tugas yang dikerjakan peserta didik dalam mata pelajaran tertentu.[1]
Adapun pengertian fortofolio yang dikemukakan oleh Mitchell (1992) yakni kumpulan dari hasil karya siswa atau sumber lain yang dapat memberikan gambaran tentang perkembangan kemampuan atau keterampilan siswa tersebut selama proses pembelajaran.[2] Informasi fortofolio ini akan dikumpulkan sepanjang tahun maka perencanaan yang dibuat lebih luas lagi karena mencakup tujuan, topic, kemampuan dan jenis instrument yang beragam .
Berdasarkan berbagai definisi di atas dapat disimpulkan bahwa portofolio merupakan kumpulan (koleksi) pekerjaan siswa terbaik atau karya siswa yang paling berarti sebagai hasil kegiatan belajarnya pada suatu bidang (mata pelajaran) tertentu. Koleksi pekerjaan siswa tersebut didokumentasikan secara baik dan teratur sehingga dapat mewakili suatu sejarah belajar dan demonstrasi pencapaian sesuatu secara terorganisasi.
B.  KARAKTERISTIK PENILAIAN FORTOFOLIO
dalam fortofolio penilaian, guru dalam kelas adalah pasangan dalam satu tim, siswa bekerja dengan guru untuk menetapkan tujuan pembelajaran. Dari uraian tentang fortofolio penilaian, dapat disimpulkan bahwa portofolio penilaian memiliki karakteristik sebagai berikut.
1. Merupakan hasil karya siswa yang berisi kemajuan dan penyelesaian tugas-tugas secara terus menerus (kontinu) dalam usaha pencapaian kompetensi pembelajaran.
2. Mengukur prestasi siswa secara individual dan menyadari perbedaan diantara siswa.
3. Merupakan suatu pendekatan kerjasama.
4. Mempunyai tujuan untuk menilai diri sendiri.
5. Memperbaiki dan mengupayakan prestasi.
6. Adanya keterkaitan antara penilaian dan pembelajaran.[3]

Sedangkan karakteristik menurut Popham (1999)adalah sebagai berikut:
1. Berpusat pada kemajuan anak dalam menetapkan tujuan pembelajaran
2. Mengukur prestasi anak dengan memperhatikan perbedaan individual.
3. Menggunakan pendekatan kolaboratif
4. Mendorong anak untuk dapat menilai sendiri karyanya.
5. Bertujuan untuk meningkatkan karya dan prestasinya
6. Memiliki keterkaitan yang erat dalam pembelajaran.

C.  KELEMAHAN DAN KELEBIHAN PENILAIAN BERBASIS FORTOFOLIO
Sebagai suatu paradigma baru, penilaian berbasis fortofolio memiliki kelebihan dan kekurangan dalam penyelenggaraannya di kelas. Diantara kelebihan penilaian berbasis fortofolio adalah:[4]
1. Perubahan Paradigma Penilaian
Perubahan paradigma penilaian adalah dengan adanya perubahan membandingkan kedudukan kemampuan peserta didik kepada pengembangan kemampuan peserta didik melalui umpan balik dan refleksi diri.
2. Akuntabilitas
Penilaian berbasis fortofolio adalah salah satu penilaian yang bertanggung jawab kepada siswa, orang tua atau masyarakat.
3. Keterlibatan orang tua
Salah satu kelebihan fortofolio adalah dapat berfungsi sebagai alat komunikasi antara orang tua dengan guru. Penilaian berbasis fortofolio melibatkan orang tua untuk melihat pencapaian kemampuan peserta didik sehingga ada komunikasi antara orang tua dan guru dalam memperhatikan perkembangan belajar siswa.
4. Penilaian diri sendiri
Penilaian berbasis fortofolio memungkinkan peserta didik melakukan penilaian diri sendiri (self assessment), dan refleksi terhadap karyanya yang dianggap layak untuk dijadikan bahan penilaian hasil belajar.
5. Penilaian yang fleksibel
Penilaian berbasis fortofolio memungkinkan pengukuran yang fleksibel yang bergantung kepada indicator pencapaian hasil belajar yang telah ditentukan.
Selain beberapa kelebihan diatas, penilaian berbasis fortofolio juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu:
1. Membutuhkan waktu yang relative lama
Penilaian berbasis fortofolio didasarkan pada sejumlah dokumen karya yang dihasilkan siswa dalam periode tertentu. Karena banyak dokumen yang harus dinilai mengakibatkan dalam penilaian berbasis fortofolio membutuhkan kerja ekstra dibanding dengan penilaian yang lainyang biasa dilakukan guru.
2. Reliabilitas rendah
Penilaian berbasis fortofolio memiliki reabilitas yang rendah dibandingkan dengan tes yang menggunakan angka-angka. Hal ini disebabkan tidak adanya standar yang baku dalam menilai sebuah karya maupun dokumen yang lain.
3. guru berorientasi pada pencapaian hasil akhir
Guru memilki kecendrungan untuk memperhatikan pencapaian akhir. Jika hal ini terjadi berarti proses penilaian berbasis fortofolio dalam hal ini tidak mendapat perhatian yang sewajarnya.
4. Belum tersedianya kriteria penilaian yang baku
Kelemahan utama dalam penilaian berbasis fortofolio adalah belum adanya criteria penilaian yang baku. Ketika guru menentukan tujuan dan isi fortofolio yang akan digunakan dalam penilaian, maka guru harus membuat langsung criteria penilaiannya
5. Memerlukan tempat penyimpanan yang baik
Penilaian berbasis fortofolio memerlukan tempat penyimpanan dokumen yang memadai, apalagi jumlah peserta didik cuku besar. Hal ini akan membutuhkan tempat dan biaya yang tidak sedikit
D. CONTOH FORTOFOLIO
Portofolio penilaian ini biasanya dilakukan secara individu atau perseorangan. Dapat dikatakan bahwa fortofolio ini berupa kumpulan catatan pribadi/ individu yang berisi refleksi pengalaman balajar seperti, kegiatan siswa didalam dan diluar kelas, kegiatan siswa sehari-hari yang berkaitan dengan pembelajaran, membaca, menulis, uneg-uneg siswa yang berkaitan dengan pelajaran, tanggapan guru dan sebagainya. Contoh format fortofolio seperti berikut:
contoh Penilaian PAI SMA Kelas VII Semester I
Contoh penilaian portopolio :
Nama Dokumen              : Resume PAI Semester 1
Kelas/Kelompok       : VII    
Petunjuk Penilaian   :
1.  Setiap kriteria diberi skor dalam skala 5 (1-5)
2.  Skor 1 = Rendah; 2, cukup; 3 = rata-rata; 4= baik; 5= istimewa

No.
Kriteria Penilaian
Nilai
Catatan
1.
Kelengkapan :



1.      Apakah dokumen lengkap untuk menjawab pertanyaan?
4

2.
Kejelasan :



2.      Tersusun dengan baik
5


3.      Tertulis dengan baik
5


4.      Mudah dipahami
4

3.
Informasi :



5.      Akurat
4


6.      Memadai
4


7.      Penting 
3

4.
Dukungan :



8.      Memuat contoh-contoh untuk hal-hal yang utama
4


9.      Memuat alasan yang baik
4

5.
Data Grafis :



10.  Berkaitan dengan isi setiap bagian
3


11.  Diberi judul yang tepat
3


12.  Memberi informasi
4


13.  Menikmati pemahaman
4

6.
Bagian Dokumentasi:



14.  Cukup memadai
4


15.  Dapat dipercaya
4


16.  Berkaitan dengan hal yang dijelaskan
4


17.  Terpilih (terseleksi)
4


Jumlah Skor
67


Kualifikasi Penilaian
Baik


Total score
skor maksimal = 85








Criteria penilaian
Criteria indikator
Nilai kualitatif
80-100
Memuaskan
70-79
Baik
60-69
Cukup
45-59
Kurang cukup
Cara penilaian
Nilai =  x 100
Nilai =  x 100 = 78,8
Maka nilai yang anak itu terima 78,8 (baik).






BAB III
PENUTUP
A.  KESIMPULAN
Fortofolio berasal dari bahasa Inggris “fortofolio” yang artinya dokumen atau surat-surat. Dapat juga diartikan sebagai kumpulan kertas-kertas berharga dari suatu pekeerjaan tertentu. Pengertian fortofolio disini adalah suatu kumpulan pekerjaan siswa dengan maksud tertentu yang terpadu yang diseleksi menurut panduan-panduan yang ditentukan. panduan-panduan ini beragam tergantung pada mata pelajaran dan tujuan penilaian fortofolio.
Diantara kelebihan penilaian berbasis forotofolio adalah: Perubahan Paradigma Penilaian, Akuntabilitas, Keterlibatan orang tua, Penilaian diri sendiri, Penilaian diri sendiri, Penilaian yang fleksibel.
penilaian berbasis fortofolio juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu: Membutuhkan waktu yang relative lama, Reliabilitas rendah, guru berorientasi pada pencapaian hasil akhir, Belum tersedianya kriteria penilaian yang baku, Memerlukan tempat penyimpanan yang baik




DAFTAR PUSTAKA
Fajar, Arnie.2012. Fortofolio dalam Pembelajaran IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mulayasa. 2012. Management PAUD. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Noehi, Nasution , Adi, Suryanto. 2002. Evaluasi Pengajaran. Jakarta : Universitas Terbuka
Eko, Putro, Widoyoto. 2010. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Putra Pelajar


[1] Mulayasa. Management PAUD.(Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2012) hal. 216
[2] Noehi Nasution , Adi Suryanto. Evaluasi Pengajaran.. ( Jakarta : Universitas Terbuka, 2002) hal. 3.27
[3] Arni Fajar, fortofolio dalam Pembelajaran IPS. (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2012) hlm.91-92.
[4] Eko Putro Widoyoto. Evaluasi Program Pembelajaran. ( Yogyakarta: Putra Pelajar, 2010) hal. 121-124

No comments:

Post a Comment